Image

Panduan SME

Persyaratan dan tata cara mengajar di KODE

Ayo Mengajar di KODE

Sebagai sebuah media pengembangan diri online, kami menerima semua orang yang ahli dalam suatu bidang dan ingin membagikan ilmunya ke orang banyak.

Di platform kami, kami tidak menggunakan istilah guru melainkan SME atau Subject Matter Expert dimana SME ini merupakan seorang yang ahli di bidangnya. Kami akan membantu para SME untuk membentuk sebuah Course untuk mengajar. Mulai dari menyusun materi hingga mengunggah video ke platform KODE. Klik disini untuk mengunggah panduan SME dan mengetahui segala prosesnya.

Kamu merasa buntu dan butuh inspirasi? Kamu bisa lihat SME yang telah bekerja sama dan bersedia membagikan pengalamannya dengan kami disini

Mulai dari Membuat Outline!

Membuat Outline kamu sendiri akan membuat kamu teringat kembali dengan masa-masa kuliah. Ketika membuat Outline, proses yang akan kamu lalui akan mirip dengan struktur skripsi yang dulu kamu kerjakan.

Menyiapkan Outline untuk Course yang akan kamu buat itu penting. Karena, Outline ini merupakan struktur dan dasar untuk apa saja yang akan kamu bagikan dalam sebuah Course.

Kamu bisa mulai dari identifikasi topik yang general seperti pemasaran, komunikasi, desain, branding, dll.

Langkah selanjutnya adalah membuat daftar apa saja yang kira kira harus diketahui orang lain mengenai topik general yang dimaksud. Bisa dibuat sekitar 3 sampai 5 poin.

Terakhir adalah menjabarkan lebih lanjut poin-poin yang telah kamu buat. Masukkan informasi-informasi dasar, teori, maupun alat yang dibutuhkan untuk mengasah ilmu yang baru saja didapatkan. Tanpa disadari, kamu telah melewati sebuah proses sederhana untuk menjabarkan Course menjadi beberapa Chapters dan Lessons.

Sebagai SME, kamu harus bisa memvisualisasikan apa yang ada di kepalamu ketika membuat Outline. Pokok utama Course kamu harus relevan dengan kebutuhan saat ini sehingga Learner bisa menggunakan materi yang sudah kamu bagikan melalui KODE.

Agar Learner mengerti Course yang kamu buat, kamu bisa jabarkan Course tersebut menjadi beberapa Chapter. Materi dalam setiap chapter harus sinkron dengan pokok masalah dalam keseluruhan Course. Sebuah Chapter yang baik biasanya terdiri dari beberapa Lesson pendukung. Lesson adalah video ringan dengan durasi 5 sampai 7 menit yang dibuat dengan tujuan untuk mempertahankan tingkat konsentrasi Learner.

Pilih Topik yang Ingin Kamu Buat!

Ada banyak sekali topik yang bisa kamu pilih sehingga mungkin kamu bingung untuk mengambil apa yang ingin kamu bahas. Di KODE, Course yang sudah ada sebagian besar berkaitan dengan pemrograman dan soft skills. Kami selalu menyarankan ahli yang bekerja sama dengan kami untuk mulai dari hal yang mereka sukai terlebih dahulu agar proses eksplorasi topiknya lebih mudah. Kuncinya adalah percaya diri dengan apa yang akan kamu bagikan ke Learner. Dengan begitu, Course yang akan kamu buat akan lebih menyenangkan, menarik, dan asik untuk ditonton. Dalam membuat Course, ada dua hal yang harus diperhatikan.

Spesifik

Agar topik yang kamu bahas saling terkait, kamu harus bisa membuatnya sedemikian rupa dengan spesifik. Perkirakan apa yang bisa dipetik Learner setelah melihat Course yang telah kamu bua

Kemudian, kamu juga sebaiknya membatasi pembahasan kamu. Fokus pada satu poin sebelum pindah ke poin berikutnya. Dengan begitu, Learner akan merasa tidak terbebani ketika mengikuti keseluruhan Course yang kamu buat.

Sebagai contoh, kamu ingin membagikan ilmu mengenai Design dengan Adobe Photoshop. Ada banyak komponen yang harus diperhatikan dalam Design, jadi kamu bisa pilih satu poin yang kamu kuasai. Pastikan pembahasan kamu spesifik seperti cara menyunting gambar yang diambil dengan handphone untuk kebutuhan profesional semisal laporan tahunan, presentasi, dll.

Materi harus mudah diaplikasikan

Agar materi yang kamu buat lebih bermanfaat, kamu bisa membuat materi yang sesuai dengan kebutuhan saat ini. Pastikan bahwa materi yang akan kamu bagikan dapat digunakan dan diaplikasikan sehingga memenuhi kebutuhan pasar. Jika materi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan, maka Learner akan dengan mudah memahami Course kamu dan langsung menerapkannya. Sebagai contoh, kamu jika kamu seorang ahli fotografi, kamu bisa membagikan ilmu seputar penggunaan lensa dan pengaturan cahaya. Dari sini, Learner akan lebih termotivasi untuk langsung menerapkan skill yang baru saja mereka dapatkan sesegera mungkin.

The Material and the Course

Ketika kamu menjadi SME, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat Course Outline atau Syllabus. Dalam mengembangkan Course Outline, hal yang diutamakan adalah materi yang disampaikan dan struktur Course tersebut. Materi yang disampaikan dalam Course harus meliputi pokok utama yang ingin kamu sampaikan ke Learner. Agar penjelasan pokok utama kamu lebih mudah dimengerti, kamu bisa menstruktur Course kamu menjadi beberapa Chapter dan Lesson. Dua hal ini akan menjabarkan pokok utama secara detail.

Dalam proses pembuatan Syllabus, Course kamu akan lebih menarik dengan menambahkan kuis, projek, maupun tugas. Semua ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pemahaman Learner. Dapat dikatakan ketiga hal tersebut adalah sebuah bentuk tes atau ujian.

Sebuah Course terdiri dari beberapa sub-judul yang dinamakan Chapter. Dalam sebuah Chapter, terdapat beberapa Lesson. Chapter dan Lesson yang kamu buat harus berkaitan dengan keseluruhan Course yang kamu buat. Sebagai contoh, kamu ingin membuat Course mengenai Linguistik. Kamu bisa membaginya ke beberapa Chapter yakni Sosiolinguistik, Psycho-linguistik, Semantik, dan Pragmatik. Untuk Lesson tiap Chapternya, Semantik sebagai contoh, kamu bisa membahas Semantik formal, konseptual, dan leksikal. Dengan format ini, alur Course kamu akan lebih enak untuk diikuti di setiap Lessonnya.

How to become an SME

Kamu memiliki keinginan untuk berbagi ilmu, tapi tidak tau harus lewat apa? Apakah kamu seorang pembicara atau instruktur yang ingin merangkul penonton baru? Menjadi SME di KODE adalah solusi yang ideal.

Di KODE, kami menyebut seorang ahli sebagai Subject Matter Expert. Jika kamu ingin menjadi seorang Subject Matter Expert atau SME, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghubungi tim kami dan menentukan jadwal pertemuan. Saat pertemuan berlangsung, kamu sebagai calon SME akan diberikan kebebasan untuk menentukan materi apa yang ingin kamu bahas. Outline akan dibuat berdasarkan Course yang ingin kamu sampaikan. Langkah selanjutnya setelah menetapkan Course dan Outline adalah menentukan jadwal pembuatan video. Setelah semua proses pembuatan selesai, kami akan memberitahu kapan video yang telah dibuat tayang di platform KODE. Kamu bisa memantau seluruh proses pembelajaran dan memberikan respon ke Learner.

Keuntungan apa yang kamu dapatkan saat menjadi SME di KODE? Ketika kamu sudah menjadi Subject Matter Expert, kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan. Keuntungan pertama adalah kamu bisa dengan mudah menyalurkan keinginan kamu mengajar melalui platform yang kami miliki. Di saat yang bersamaan, kamu mendapatkan keuntungan kedua yakni pendapatan pasif. Kamu akan mendapatkan sejumlah uang saat video Course kamu di unggah dan dilihat oleh Learner. Keuntungan terakhir dan yang paling penting adalah kamu akan memenuhi keinginan Learner yang haus akan ilmu dan ingin mengembangkan diri. Secara tidak langsung, kamu sebagai SME akan meningkatkan mutu masyarakat Indonesia.

Menarik bukan? Tapi, bagaimana langkah-langkah yang benar untuk menjadi seorang SME?

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memberi tahu kami mengenai keahlian kamu dan ilmu apa yang bisa kamu bagikan ke Learner. Pastikan Course Outline kamu spesifik dan rinci sehingga mudah dicerna.

Langkah kedua adalah merancang Course Syllabus berdasarkan Course Outline yang telah dibuat. Kamu akan berdiskusi dengan Curriculum team KODE agar Syllabus yang dihasilkan menarik dan sesuai dengan target yang kamu inginkan. Selain itu, tim kamu juga akan memberikan kamu arahan dalam hal visual agar Course kamu lebih atraktif.

Terakhir adalah proses produksi yang akan dilakukan di studio KODE. Kamu akan bekerja sama dengan tangan-tangan kreatif yang handal sehingga proses pengambilan video menyenangkan. Setelah semua proses selesai, kamu bisa menikmati keuntungan sebagai SME di KODE.